Popular Post

Kelebihan dan kekurangan bank konvensional
Kelebihan dan kekurangan bank konvensional –
Berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk di dalam pikiran kami, yaitu tentang  konvensional sampai bertanya tentang kelebihan dan kekurangan bank konvensional. Sebelum lebih lanjut tentang kelebihannya, mari kita bedah sedikit tentang beberapa perbedaan antara bank konvensional dan bank syari’ah seperti perbedaan Bank BRI Konvensional dan BRI Syari’ah, perbedaan Bank Mandiri Konvensional dan Mandiri Syari’ah, perbedaan Bank BNI Konvensional dan BNI Syari’ah.

Perbedaan antara bank konvensional dan bank syari’ah:
1.    Bank konvensional mengacu pada profit, bank syari’ah umumnya lebih memperhatikan dalam hal agama.

2.    Bank konvensional tidak mewajibkan zakat, bank syari’ah mewajibkan.

3.    Bank konvensional tidak ada struktur organisasi Dewan Pengawas Syariah, bank syari’ah ada.

Berpindah dari Perbedaan antara bank konvensional dan bank syari’ah menuju Kelebihan dan kekurangan bank konvensional. Apa saja itu? Apakah lebih banyak kelebihannya atau malah sebaliknya lebih banyak kekurangannya pada bank konvensional? Silahkan brain storming terlebih dahulu untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup bagus dalam hal ini. Hemmm, tunggu dulu sobat. Kami akan menjelaskannya langsung, jadi Anda tak perlu melakukan hal tersebut. Oke?

Berikut adalah kelebihan bank konvensional:
1.    Nasabah terbiasa dengan metode bunga dibandingkan metode bagi hasil.
Benar atau tidaknya kembali pada Anda, tapi begitulah kenyataannya. Tidak beragama Islam atau agama yang lain, masyarakat Indonesia lebih mengenal dan terbiasa system bunga dari pada system bagi hasil, walaupun dalam Islam sungguh diharamkan system bunga itu sendiri. Dari keterangan tersebut Nasabah lebih memilih metode bunga yang telah dikenal rakyat kita ini.

2.    Bank konvensional lebih beragam.
Alasan kedua dari kelebihan dan kekurangan bank konvensional ini yaitu tentang bank konvensional lebih beragam. Kenapa kami bisa bilang begitu? Karena benar adanya bahwa di bank konvensional yang mana menerapkan system bunga ini lebih kreatif dalam menciptakan produk-produk, kita ambil sebagai contoh yaitu bunga berbunga pada saat menabung di bank konvensional. Berbeda ceritanya dengan bank syariah yang mana menerapkan system bagi hasil.

3.    Metode bunga telah lama dikenal masyarakat.
Karena begitu banyaknya yang memakai bank konvensional dan begitu lamanya masyarakat yang sudah mengetahui akan bank konvensional, maka bank konvensional juga semakin dikenal masyarakat luas. Dari situlah, sistem bunga yang dikenal masyakat mulai membekas di benak masyarakat. Oleh karena itu, bank konvensional lebih mudah menarik nasabah penyimpan dana sehingga lebih mudah mendapatkan modal.

Tunggu dulu, sobat. Selain bank konvensional memiliki berbagai kelebihan - kelebihan yang cukup mengesankan, tetapi memiliki kekurangan yang banyak pula. Apa saja itu?

Berikut adalah kekurangan bank konvensional:
1.    Sistem bunga haram dalam Islam
Entah siapa yang pertama kali memberlakukan system bunga ini, tetapi sampai hari ini sangat dikenal masyarakat luas. Dalam pandangan Islam sendiri, system bunga pada bank itu tidak boleh dilakukan alias diharamkan. Mengapa? Karena dari system bunga, maka perekonomian akan terombang-ambing adanya.

2.    Bunga yang begitu besar.
Bunga yang ada di bank konvensional begitu besarnya kadang membuat orang berfikir dua kali untuk membuka tabungan atau rekening di bank konvensional tersebut. Setiap bulan pasti berkurang uang yang ada di rekening bank konvensional dengan persentase bunga yang cukup. Maka dari itu, di point nomor dua ini yaitu bunga begitu besar sangat cocok untuk kekurangan bank konvensional.

3.    Kredit bermasalah karena prosedur pemberian kredit tidak potensi dan penampakan pemberian kredit pada grup sendiri dan kalangan tertentu

4.    Praktik curang seperti bank dalam bank dan transaksi fiktif.

5.    Praktik spekulasi yang terlalu ambisius dan tanpa perhitungan.

Oke, mungkin itu dulu artikel kelebihan dan kekurangan bank konvensional kali ini, bagaimana, sobat? Anda sudah paham sepenuhnya seputar perbedaan, kelemahan, dan kekurangan bank konvensional? Jika sudah, selamat. Terimakasih sudah mengunjungi website ini. Sekian dari jabruzz-fashion.com. kalau ada yang kurang benar terhadap isi dari artrikel ini, silahkan Anda menghubungi kami di contact-nya di halaman sisi kanan dari website ini. Atau Anda ingin membaca juga daripada kelebihan dan kekurangan bank BCA dan Mandiri atau perbandingan bank BRI dan BNI. Untuk membacanya klik link yang hidup tadi.

Sumber sebagian: http://rezkyrahmida.blogspot.co.id

Home | About | Contact | Cara Pemesanan | Testimonial | Reseller
Copyright © 2014 - 2015. All Rights Reserved. Designed by Johanes Djogan